Kehilangan

“Setiap orang punya cara masing-masing untuk menghadapi kehilangan.”

 

Salah satu hal yang pasti di dunia ini adalah kehilangan. Semua orang akan kehilangan, ntah ditinggalkan ataupun meninggalkan, tidak terkecuali. Kadar kehilangan pun berbeda-beda, dari mulai ringan seperti putus misalnya, sampai yang berat seperti ditinggalkan untuk selamanya.

Sebelumnya, saya tidak pernah ditinggalkan seseorang yang dekat secara mendadak. Jadi saya tidak pernah tau kalau rasanya ditinggal tanpa persiapan akan seberat ini. Pengetahuan tentang โ€˜semua orang akan pergi bila sudah waktunyaโ€™ tidak membantu apa-apa. Saya ingat bagaimana respon pertama kali ketika saya mendengar kabar itu, rasanya tidak mau percaya, bahkan ketika menunggu kedatanganmu di rumahmu, saya pun merasa seperti sedang mau ujian, dan berharap bahwa kabar itu tidak benar. Rasanya tidak tau harus bagaimana, harus berkata apa. Tapi ada satu hal yang dapat saya pelajari, kepergianmu membuat saya bahkan kami (orang-orang yang kamu tinggalkan) jadi semakin yakin bahwa manusia hanya bisa berencana, dan Allah yang menentukan segalanya. Kami juga diingatkan untuk mempersiapkan bekal untuk nanti, karena umur memang tidak ada yang tau.

Semua orang punya caranya sendiri untuk mengekspresikan kesedihan dan kehilangan. Buat saya pribadi ya dengan menulis seperti ini,

IMG_2270
Dari kiri ke kanan : Vibry, Septy, Saya (foto diambil tahun 2014)

Selamat jalan Septy Maulidya, salah satu teman terbaik, tersederhana dan ter-nggak neko-neko. Aku yakin kamu akan dapat tempat terindah disana.

โ€œselamat jalan Septy, salah satu teman terbaik yang pernah ditemui. Memang sekarang-sekarang kita udah ngga sedeket jaman skripsi dan awal-awal lulus, tapi kok rasanya tetep berat yaa buat kehilangan kamu, walaupun di dalam lubuk hati aku tau kalau kamu udah bahagia dan tenang di sana, di tempat terindah, disamping Allah. Ty, kamu ngga akan dateng dong ya ke nikahan aku nanti, Ty. Padahal aku kira kamu bakal jadi salah satu saksi perjalanan cinta aku sama mas Hamid, haha. Tapi ternyata Allah punya rencana lain ya Ty. Oh iya ty, kayaknya kita semua akan kangen sama positive thinkingnya kamu, dengan semua keceriaan kamu, dengan sikap pemaafnya kamu dan dengan semua kebaikanmu. Oh iya Ty, maafin aku ya kalau belum bisa jadi teman terbaik kamu. You will be missed.”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s