Tips

How To Make Your Day (More) Productive?

DSCF4464

  1. Bangun pagi hari (Subuh)

Menurut penelitian, dengan bangun pagi badan kita akan lebih terasa segar dan lebih siap dalam menghadapi hari (cieee…). Alasan lainnya sih karena kalau kita bangun lebih pagi, kita jadi punya waktu lebih buat melakukan kegiatan. Familiar kan dengan pepatah “jangan bangun siang, nanti rejekinya dipatok ayam.” Mungkin pepatah itu buat ngingetin kita lebih pagi kita bangun, lebih banyak kegiatan yang bisa kita lakukan. Buat yang muslim pasti udah nggak aneh sih bangun subuh, sekalian solat subuh.

 

  1. Olah raga pagi hari (senam dan jogging, atau pakai bantuan alat olah raga)

Olah raga di pagi hari juga penting nih buat tubuh kamu, kita bakal lebih fit dan semangat kalau hari kita di awali dengan berolah raga. Aliran darah jadi lancar dan badan nggak terasa loyo kalau kita berolah raga dulu sebelum memulai hari. Olah raganya nggak usah yang berat-berat kok, jogging keliling kompleks atau bahkan senam di kamar juga cukup, apalagi sekarang udah banyak banget video 7 minutes work out gitu kan. Bersyukurlah teman-teman yang punya alat olah raga di rumah, pilihan olah raga paginya semakin beragam toh? Oh iya dengan berolah raga juga bisa bikin mood kita lebih baik dan tingkat stres kita berkurang loh!

 

  1. Sarapan sambil menghilangkan keringat

Asupan gizi di pagi hari adalah suatu keharusan! Sedikit apapun yang kita makan, itu berguna banget buat sisa-sisa jam berikutnya. Sesempitnya waktu kalian di pagi hari, sarapan itu tetep harus dilakuin. Kalau saya pribadi, ketika buru-buru, at least ada biskuit atau satu slice roti yang masuk ke perut. Kegiatan sarapan ini juga bisa sekalian kamu pakai buat nurunin keringet selesai olah raga. Kan nggak baik mandi di waktu badan kita masih penuh dengan keringet, bisa masuk angin nanti.

 

  1. Mandi, refesh your body!

Setelah kenyang, dan keringat hilang, baru deh waktunya kita buat menyegarkan kembali tubuh kita. Menurut penelitian sih dengan mandi pakai air dingin kondisi fisik dan psikis kita akan lebih baik daripada mandi pakai air hangat. Yang saya rasain sih emang kalau mandi pakai air dingin, badannya lebih fresh dan seger. Kalau temen-temen pengen bikin tubuh lebih relaks, silahkan pilih air hangat. Warm water always perfect for relaxing your body.

 

  1. Make a to do list (3 paling banyak, tergantung kegiatan dan orangnya)999daa1913eacaaea8952e057989c215

Setelah badan lebih segar dan enak, baru bikin list apa aja yang akan dilakukan hari itu.  Kalau saya, banyaknya list kerjaan yang pengen dilakuin tergantung beratnya kerjaan itu dan waktu yang tersedia. Misalnya kalau kerjaannya simple (kayak SMS atau telfon orang) otomatis list nya bisa lebih dari 3. Tapi kalau kerjaannya itu membutuhkan waktu yang banyak (bikin laporan, thesis, atau sekedar bikin draft tulisan) biasanya 3 pun udah nggak ada waktu buat nafas hehehe. Kalau kalian adalah individu yang nggak gampang lelah dan punya segudang energi, kayaknya nggak masalah mau bikin list yang banyak juga.

 

  1. Istirahat 15 menit setiap 60 menit

Buat menyegarkan otak dan mata (terutama kalau kegiatan kita berhadapan dengan layar laptop/komputer), kita harus menyediakan waktu sebentar untuk mengistirahatkan mata dan otak kita hehe. Berdasarkan pengalaman, mata akan terasa tidak mudah lelah kalau kita mengistirahatkan setelah satu jam terus menerus menatap layar laptop atau menatap fokus apapun. Biasanya yang saya lakukan sih main sama ponakan, atau sekedar jalan-jalan keliling rumah hahaha. Kalau kebetulan lagi ngerjain di luar ya cukup dengan melihat ke sekeliling aja.

 

  1. Sediakan asupan gizi favorit, is a must!

Junk-Food1

For me everything with MSG is never failed! Hahahaha. Maklum ya anaknya nggak bisa lepas dari yang namanya penyedap rasa L selain buat menghilangkan rasa bosan, tapi cemilan juga berperan sebagai asupan ketika otak sudah lelah dan perut sudah meminta dimasukin makanan. Satu hal yang harus diingat, yang namanya cemilan harus simple dan memungkinkan untuk dimakan meskipun sambil mengerjakan sesuatu. Jadi segimana pun kamu cintanya sama nasi padang, dia nggak bisa dijadiin cemilan yaaa hehehe. Hal ini juga berlaku buat mie goreng, eh kalau pop mie bisa sih kayaknya.

 

  1. Pilih tempat dan suasana yang paling nyaman buat kamu.

desk-girly-pretty-study-Favim.com-3025383

Untuk setiap orang definisi tempat dan suasana yang nyaman itu pasti beda-beda. Buat saya pribadi, alunan musik itu wajib hukumnya! Buat orang lain mungkin suasana yang sepi lebih cocok buat mereka. Ada beberapa orang yang lebih produktif dengan ngerjain di tempat umum, tapi ada sebagian orang lagi yang ngerasa lebih cocok kalau ngerjain di tempat yang lebih private (rumah, kontrakan, apartemen, atau kosan). Ada orang yang harus ngerjain itu siang hari, tapi ada juga yang baru bisa ngerjain kalau udah tengah malam. Its up to you, yang penting kalian nyaman dan ide yang ada di kepala kalian ngalir dengan mudah.

 

  1. Make a self-reward

371e0edcaaa37e8dcabf332bd3309ded

Sebagai penyemangat, kita bisa ‘berencana’ ngasih reward ke diri sendiri kalau salah satu atau beberapa to do list hari itu sudah terselesaikan. Reward ­nya pun tergantung kalian, bisa dengan nonton serial favorit satu episode, atau main games selama beberapa menit, atau makan makanan kesukaan yang tidak memungkinkan dijadikan cemilan. Dengan adanya reward ini diharapkan sih bisa memotivasi kita supaya to do list yang udah dibuat bisa terlaksana semuanya…

 

  1. Tidur yang cukup, makan juga tentunya…

Kita semua tau kan kalau tidur cukup dan makan tepat waktu adalah salah satu resep supaya selalu sehat dan selalu ada energi. Sebanyak-banyaknya kerjaan, tidur dan makan adalah dua hal yang nggak pernah saya dan nggak boleh dilupakan apalagi ditinggalkan. Kesehatan itu tetap nomor satu yang harus (selalu) dijaga. Karena hari kita sudah pasti nggak akan produktif, kan?

 

Gimana? Cukup membantu kah? Happy trying readers. Semoga sharing pengalaman dan pengetahuan kali ini cukup membantu yaaaa ❤

PS : some pictures from tumblr and pinterets.

Advertisements