cerita pribadi

Hell-o TRAFFIC JAMMED !

sekarang bukan cuma kota Jakarta aja yang macet, Bandung juga gitu. kirain setelah lebaran selesai jalanan Bandung bakalan kembali normal, ternyata saya salah. bukannya kembali ke keadaan semula ini malah semakin macet. GILAK! yang ada di otak saya “wah, orang bandung pada kaya-kaya yaaa. pada bisa beli mobil bagus dan juga motor” udah enggak ngerti lagi deh gimana caranya biar enggak macet.

oh ya, pemkot Bandung (katanya) lagi akan merencanakan pembuatan monorel di atas sungai cikapundung, yang katanya akan dibangun pada tahun 2013, Pak, saya enggak peduli deh kapan tuh dibangun. saya peduli kapan tuh monorel jadi dan bisa dipake. jangan sampai malah tiang-tiang penyangganya dianggurin gitu aja, monorel enggak jadi, lingkungan rusak, iya.

saya yakin bukan saya aja yang ngerasa keganggu sama kemacetan yang ada di Bandung, mau itu penumpang angkot, pengendara mobil, bahkan pengendara motor sekalipun kesel tapi nggak tau harus ngapain. jujur, saya kangen Bandung jaman dulu, yang nggak sepadet dan sepanas sekarang (berasa tua, padahal baru 21 tahun) saya kangen sama nyamannya Bandung jaman dulu, perjalanan yang dulu bisa di tempuh 10 menit, sekarang paling cepet 30 menit. gila kan? saya kangen saat-saat tidur berselimut tebal saking dinginnya, bukannya kebangun tengah malem gara-gara keringetan.yuk mari bangun lagi dari mimpinya.

tapi ya wajar aja sih orang-orang lebih memilih beli mobil pribadi ataupun motor, kendaraan umum di Bandung nggak ada yang nyaman dan tentunya, aman, kecuali taksi mungkin. udah udara makin panas, di angkot ada yang ngerokok, copet, pemerkosaan, dan lain-lain. naik bis kota juga kayak gitu, gimana orang-orang nggak jengah coba? beda banget deh sama Singapore, negara tetangga kita, bisnya nyaman, ada MRT (kereta bawah tanah) yang nyaman banget itu, jangankan orang ngeroko, sampah permen aja nggak ada. mau masuk pun ngantri. keren!

nggak kobe sih, yang penting tetep cantik ko ;;)

saya pernah baca salah satu quote di twitter yang bikin saya setuju 1000 persen. katanya kayak gini : “A developed country is not a place where the poor have cars. it’s where the rich use public trasnportation.”
mungkin untuk para pengurus kota ini, untuk Gubernur Jawa Barat, Walikota Bandung, atau siapapun deh. coba biar nggak macet, nggak usah dulu lah bikin monorel. mending benerin dulu angkutan umum yang ada. benerin, bikin nyaman, bikin aman, dan hal-hal positif lainnya. biar semua orang, mau yang kayak mau yang biasa aja lebih milih pake kendaraan umum daripada kendaraan pribadi. susah? kayaknya lebih gampang daripada bikin monorel.

oh ya, satu lagi, usaha para petinggi itu bakalan sia-sia kalau rakyatnya juga susah buat berubah. mau kan Bandung nyaman lagi? jadi Paris van Java lagi? yuk kita berubah sama-sama untuk kehidupan Bandung yang lebih baik lagii. buat para perokok please banget ini mah STOP lah ngerokok di kendaraan ataupun tempat umum, kota ini bukan punya anda saja. 


 

Bandung jaman dulu, asik ya?


  

Advertisements