"."

‘titik.’ titik adalah salah satu tanda baca yang selalu ditaruh di akhir kalimat, yang bisa berarti juga bahwa kalimat itu selesai. selain itu, disadari atau tidak ‘titik’ memiliki arti yang beragam, di bawah ini saya bakal coba untuk menjabarkannya..

1) secara lisan, saat kita berhenti setelah mengatakan sesuatu (dianggap titik) tandanya kita tidak akan berbicara lagi, yang artinya mempersilahkan lawan bicara kita untuk berbicara. kita harus cermat membedakan sesorang itu berhenti sebagai ‘titik’ atau ‘koma’ karena kalau sebagai ‘koma’ lalu kita langsung berbicara, kita sering dianggap memotong pembicaraan orang tersebut dan cenderung tidak sopan.

2) ‘titik’ juga bisa berarti bahwa kita udah tidak mau melanjutkan percakapan dengan orang itu. entah secara lisan ataupun tulisan. contoh:
“udah makan?” dan cuma dijawab, “udah.” see? looks familiar? kalau misalnya lagi chatting, BBMan, atau SMS lebih parahnya, dan orang yang kita tanya cuma jawab gitu, lebih baik untuk tidak di balas lagi, karena itu kemungkinan dia tidak tertarik untuk melakukan percakapan dengan kita, apalagi setelah beberapa pertanyaan dan jawabannya selalu seperti itu.

3) kemudian, ‘titik’ juga bisa menggambarkan bahwa sesuatu hal sudah selesai, DONE! enggak ada lagi embel-embel yang lain. untuk contoh, waktu jaman SMA ada teman saya yang bercerita tentang dia yang di tinggal jadian sama gebetannya. saat di tanya, dia hanya menjawab “.” otomatis saya bingung, setelah saya tanya kenapa balasannya seperti itu, jawaban dia kurang lebih seperti ini, “iya, soalnya udah beres Ni, cerita aku sama dia, enggak bakal ada kelanjutannya lagi.”

4) terakhir, jika sedang dalam situasi perang pendapat, entah itu dalam keadaan rapat atau berantem dengan pacar, atau apapun, titik bisa berarti bahwa orang tidak mau mendengar pendapat orang lain, atau udah cape dengan keadaan yang ada (khusus orang pacaran), apalagi kalau dibarengi oleh kata-kata “terserah.” atau “bebas deh.” atau juga bisa mengatakan “titik.” setelah selesai mengungkapkan pendapatnya.

itu 4 fungsi lain dari tanda baca ‘titik’ menurut pendapat saya, kalian boleh setuju boleh tidak. yang punya ide lain, boleh d share di commentnya, thank you πŸ™‚

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s