its all about your self

di psikologi ada 3 teori yang menyatakan asal dari perilaku seseorang itu muncul.
yang pertama ada psikoanalisis, menurut teori ini tingkah laku seseorang itu disebabkan karena masa lalu orang itu. lalu ada juga behavioralistik, menurut teori ini tingkah laku seseorang disebabkan karena pengaruh lingkungan, sedangkan humanistik bilang kalau tingkah laku seseorang itu disebabkan oleh emang pada dasarnya setiap orang punya potensi dalam diri untuk menuju ke kesempurnaan makanya dia berprilaku.

sekarang coba kita inget-inget, kira-kira mana ya yang paling sesuai sama diri kita?
kalau menurut saya pribadi sih ya, lebih ke humanistik. kenapa? karena semua hal yang kita lakukan itu tergantung dengan apa yang ada di dalam diri kita juga, emang masa lalu dan lingkungan pasti ngesih pengaruh. salah satunya untuk perilaku untuk mencapai cita-cita yang kita pengen. masa lalu yang dijadiin pelajaran dan lingkungan yang ngasih fasilitas maupun motivasi akan terasa percuma kalau dari diri kitanya sendiri gak mau buat bergerak lebih maju untuk mencapai cita-cita itu, right?

contohnya sekarang deh ya, jujur saya dan kebanyakan teman kuliah kecewa dan ngedown banget gara-gara nilai semester tiga bikin IPK terjun payung. padahal saya pribadi dan teman-teman udah d ikasih fasilitas yang cukup ko buat mendapatkan nilai yang baik. apakah kita masih juga mau nyalahin semua faktor external itu? nampak sedikit naif ya?
inti sebenernya kita niat gak sih buat berubah?
tau kan makna kata-kata we are who we think. kita mikir kalau kita bisa ya bakal bisa dan gitupun sebaliknya. kita sukses atau gagal itu tergantung diri kita sendiri. masa lalu dan lingkungan hanya membantu untuk mencapai kesuksesan itu sendiri.

terus, lakukan semuanya dengan hati. jujur semester 3 ini emang gak banget deh! I really messed up! saya ngedown banget liat nilai, lagi-lagi ngecewain orang tua dan saya gak bisa nyalaihin siapa-siapa emang semuanya karena saya yang dari awal udah gak suka sama jadwal kampus dan tugas-tugasnya. maka dari itu saya lakukan semua kegiatan perkuliahan dengan terpaksa. lalu apa hasil yang saya dapet? gak ada !
cintai pekerjaan atau kegiatan itu dan hasilnya akan jauh lebih baik.

lagi-lagi saya harap tulisan ini bukan cuma saya tulis aja ya, tapi juga saya lakuin hehehe.
make it better and make it REAL πŸ™‚
bismillah..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s